9/19/12

BENTUK DAN MACAM TELEPON JADUL

BENTUK DAN MACAM TELEPON JADUL
KOLEKSI HARY TJAHYONO

Sebelum adanya telepon seluler yang sudah kita kenal sekarang ini, telepon adalah memegang peranan penting dalam kehidupan manusia dalam berkomunikasi jarak jauh.
Dengan perkembangan yang ada telepon juga mengalami perubahan baik dari segi fisik/bentuknya hingga pada layanan yang dapat memberi kemudahan pada pemakainya. Langsung lihat saja koleksi telepon yang ada di goeboeg djadoel ini...

TELEPON ERICSSON CORONG

TELEPON ERICSSON JADUL

 Membandingkanya dengan Telepon rumah milikku yang sudah serba digital, tentunya tidak ada apa-apanya. Itu jika dilihat dari segi praktis dan kecanggihanya sih...!
Tapi kalau dilihat dari unsur seninya, tiada sebanding. Coba lihat saja desain bentuknya, berkelas dan cantik. 
Telepon jadul yang aku miliki ini berasal dari negara Swedia, diproduksi oleh pabrikan alat komunikasi terkenal Ericsson. 
Ternyata selama ini aku baru tahu kalau Ericsson tidak hanya memproduksi hanphone saja, tapi juga pernah memproduksi telepon kabel.
Entah tahun berapakah telepon ini diproduksi , kemungkinan sekitar tahun 50-an ( hanya sekedar menerka saja sekenanya).
Kondisi bodinya memang masih mulus banget dan terawat dengan baik, itu yang membuat aku tertarik membeli telepon ini, selain masih dengan sistem manual (memutar) dalam mengoperasikannya, juga terdapat semacam corong pada bagian bawah yang digunakan untuk bicara, unik banget.
Telepon ini  tidak nyambung sama sekali alias mati, ini aku buktikan setelah aku membelinya dari seorang pedagang di pasar Notoharjo Solo, lalu aku coba hubungkan dengan kabel telepon rumahku, ternyata mati.
Meskipun mati masih juga berfungsi asesoris untuk menambah kecantikan ruang tamu rumahku.


TELEPON MAXTONE MT-900

TELEPON JADUL
Pertama kali aku kira telepon ini adalah sebuah ponsel, soalnya yang aku temuin tidak lengkap, hanya gagang teleponnya saja, makanya aku kira ini ponsel. 
Namun pada suatu kesempatan yang lain aku menemukan telepon ini lengkap, jadi rasa penasaranku telah terjawab bahwa barang tersebut adalah sebuah pesawat telepon.
Meskipun pesawat telepon ini sudah mati (soalnya sudah aku coba), mantab saja buat menemani koleksiku yang telah aku pajang sebelumnya.
Terus terang saja aku tidak mendapatkan  informasi mengenai telepon ini.
Apakah telepon ini merupakan salah satu cikal-bakal telepon seluler yang  kelak akan mengisi kehidupan manusia di dunia ini? Mungkin saja. 


TELEPON TELECALL
TELEPON JADUL

Aku kira telepon jaman dulu melulu begitu-begitu aja bentuk dan fungsinya, ternyata banyak hal yang belum aku ketahui. 
Setiap kali main-main ke loakan, aku disuguhi berbagai macam telepon yang belum pernah aku jumpai sebelumnya, temasuk jenis yang seperti ini.



TELEPON SIEMENS
TELEPON SIEMENS JADUL

Jam 5.30 pagi aku terbangun dari tidur, meskipun hanya sebentar banget gara-gara nonton final piala champion yang mempertemukan Bayern Muenchen vs Chelsea. Pertandingan yang cukup menegangkan yang diakhiri kemenangan Chelsea dalam babak adu pinalti.
Kebetulan tanggal 20 mei pas banget hari minggu dan libur cuti, maka daripada bengong gara-gara tak bisa tidur pergi saja ke pasar semanggi, lihat-lihat barang loakan.
Aku terkejut banget, hari minggu di pasar Notoharjo Semanggi itu sangatlah padat, tak seperti hari-hari biasa.
Berjubel dengan banyak orang, langsung saja aku cari barang-barang yang sekiranya menarik dan cocok dikantong.
Awalnya aku menemukan kamera handycam jadul, tapi karena harga yang menurutku tidak cocok, maka aku pergi saja acuh tak acuh.
Setelah beberapa saat berkeliling timbul rasa untuk pergi pulang, tapi mengapa pada waktu kaki melangkah ke gerbang masuk sebelah utara, aku melihat benda seperti telepon.
Langsung saja aku mulai mengamatinya sambil jongkok, ngobrol sejenak dengan penjualnya dilanjutkan nego harga dan akhirnya masuk tasku.
Telepon merk Siemens ini boleh dibilang mati, tak karuan dan kotornya minta ampun, maka saat sampai rumah langsung saja aku cuci dengan air sabun seluruh bodinya dan menggosoknya dengan spon kasar, lalu aku keringkan.
Hasilnya lumayan cantik menghias lemari kacaku.


TELEPON AIPHONE TA-24
TELEPON AIPHONE JADUL

Telepon ini adalah AIPHONE TA-24H, telepon ini termasuk telepon dinding, gunanya menghubungkan ruang satu dengan ruang yang lain dalam ruang lingkup kerja.
Soalnya ada keterangan yang tertera di gagang teleponnya, terdapat angka 1-12 yang merupakan keterangan ruang-ruang kerja suatu kantor/perusahaan.
Entah buatan tahun berapa telepon tersebut, soalnya aku sudah mencari-cari tentang telepon tersebut, namun belum ketemu.
Aku dapat telepon tesebut dalam keadaan mati, 
namun kalau dilihat bentuknya tentu masih oke dan mulus, meskipun warnanya agak pudar, maklum sudah termakan usia.
Sempet dirayu penjualnya, untuk beli yang satunya lagi. Kebetulan yang jual mendisplay 2 telepon yang bentuknya serupa, namun berbeda warnanya saja. Sebetulnya sempat tertarik juga sih...soalnya harganya yang gak mahal-mahal amat di kantong, apalagi warnanya menarik banget, yaitu orange. Akhirnya gak jadi, soalnya bodinya sudah rusak dan warnanya saat aku cermati sudah tak menarik lagi.


TELEPONE DETEWE

TELEPONE DETEWE JERMAN JADUL


Aku kira telepon ini adalah buatan siemens, ternyata buatan pabrikan DeTeWe jerman. Entah seri berapakah yang aku miliki ini, ketertarikanku dengan telepon ini pertama kali adalah dari segi warnanya, hijau. Maklum belum punya warna seperti ini...
Jangan pernah tanyakan apakah telepon ini hidup atau mati, soalanya hanya untuk pajangan belaka. Soalnya aku hanya tertarik mengkoleksinya saja.
Aku membelinya langsung di pasar klithikan notoharjo di pagi hari, ya sekitar jam 7...
Saat menawar harganya, aku harus menunggu yang jualan soalnya istrinya tidak berani memutuskan harga berapa yang harus dibuka untuk telepon tersebut, sebab yang jualan sedang berkeliling pasar, jadi aku harus menunggunya sambil berkeliling pasar. Aku kira yang jualan sudah datang, eh ternyata belum muncul juga, akhirnya tawar-menawar dilakukan melalui sms melalui istrinya...akhirnya sepakat.


TELEPONE ANJING

TELEPHONE KARAKTER KARTUN

Siapa yang bisa menyangka hiasan berbentuk anjing ini adalah pesawat telepon.
Ini adalah produk dari ACL (American Canyon Ltd) yang melakukan cara untuk menarik perhatian para penguna telepon rumah, salah satunya yaitu dengan memasarkan dalam bentuk seperti hiasan.
Dirilis pada tahun 2000, ada berbagai macam bentuk dan varian model yang unik dan menarik, tanpa menghilangkan unsur komunikasi di setiap produknya.
TELEPHONE ANJING JADULKalau sudah jodoh takkan kemana, itu yang hanya bisa aku katakan. Awalnya saat bongkar-bongkar barang di penjual barang loakan, aku menemukan benda seperti pajangan, ternyata setelah aku ambil dan diberitahu oleh penjualnya ini adalah sebuah telepon. Setelah terjadi tawar-menawar singkat akhirnya jadi milikku.
Saat sampai di rumah, langsung saja aku coba, meskipun lampu indikatornya menyala dan suara dengungan khas telepon terdengar, tapi  sayang banget tak bisa nyambung.


TELEPONE TELKOM JADUL

TELEPONE TELKOM JADUL BUATAN INDONESAI
Telepon keluaran telkom ini termasuk modern di zamannya, telah menggunakan sistem pencet. Warnanya merah dan berpadu dengan warna krem membuat cantik telepon ini. 
Telepon milikku ini terdapat sticker telkom meskipun sudah agak kotor bertuliskan standart greeting, namun masih jelas terbaca.

TELEPONE ENGKOL

TELEPONE ENGKOL JADUL TRANSISTOR

Cita-cita memiliki telepon engkol tercapai sudah, meskipun hanya seperti ini lega juga rasanya. 
Bentuknya kotak, terbuat dari bahan plastik bewarna krem, pada bagian bawah terdapat tempat batu baterai ukuran besar, aku baru tahu bahwasanya ada telepon antik seperti ini menggunakan daya listrik, milikkku ini menggunakan daya batere. 
Istimewanya terdapat engkol untuk memutar yang terdapat pada bagian kanan.
Sayang sekali tidak aku ketahui merknya, soalnya sudah tidak kelihatan lagi cap merk yang tertera di telepon tersebut.
Sampai saat ini aku masih penasaran mencari merk telepon ini.


 TELEPONE PUTAR ERICSSON LM

 TELEPONE PUTAR ERICSSON LM JADUL


Untuk kesekian kalinya aku membeli telepon antik yang sudah mati di pasar semanggi, tepatnya pasar notoharjo yang merupakan tempat wajib berburuku di pagi hari, murah meriah harganya...itupun masih bisa ditawar lagi pula.

TELEPHONE INTI
 
TELEPHONE INTI BUATAN INDONESIA

Aku mengira semua produk pesawat telepon yang beredar di pasar  Indonesia berasal dari luar negeri, ternyata ada juga buatan asli indonesia.
Telepon merah ini semula aku yakini adalah produk dari siemens, namun setelah aku lihat ternyata telepon ini adalah buatan lokal yaitu pt. inti.
Telepon ini menggunakan sistem yang lebih modern dan praktis dari pada telepon putar,mungkin perkembangan zaman yang menuntut demikian.
Aku tertarik membeli telepon tersebut ubtuk aku miliki adalah warna merah terangnya yang membuatku terpesona.

TELEPONE SAKAI

TELEPONE SAKAI JADUL
Telepon buatan jepang ini bermerk sakai, bentuk bodinya besar, bahan bakunya kuat dan kelebihan lainnya adalah lumayan berat untuk di bawa.


TELEPONE SIEMENS PUTAR

TELEPONE SIEMENS PUTAR JADUL
Tidak hanya handphone merk siemens saja yang aku miliki, telepon juga aku punya dua buah, namun sayang semuanya dalam keadaan mati.

TELEPON PUTAR CANTIK

TELEPON PUTAR CANTIK JADUL
Sampai sekarang aku masih mencari-cari merk apa telepon yang aku miliki ini, tidak ada keterangan apapun mengenai telepon cantik ini, mungkin teman-teman ada yang mengetahuinya?

TELEPONE TAE HEUNG PRECISION

TELEPHONE TAE HEUNG PRECISION JADUL
Alangkah beruntungnya diriku memiliki telepon yang termasuk langka dan menjadi buruan para kolektor ini. Telepon yang masih menggunakan engkol ini aku termasuk masih komplit dan mulus sekali, namun kelihatannya sudah tidak bisa digunakan lagi.

 TELEPON ERICSSON LM ENGKOL ATAS

 TELEPON ERICSSON LM ENGKOL ATAS
Jalan-jalan hari minggu pagi bersama istri ke pasar Notoharjo semanggi, aku mendapatkan telepon cantik ini, sebelumnya hanya dapat aku nikmati di dunia maya...akhirnya dapat memilikinya juga.

 TELEPON IWATSU "KEY TELEPHONE"


Bertambah satu lagi koleksi teleponku..entah harus aku taruh dimana lagi, lemari sudah sesak tak tersisa dengan berbagai koleksi telepon, mungkin di kardus saja...
Telepon IWATSU buatan Jepang ini tak sengaja aku peroleh di pasar klithikan pagi ELPABES Banjarsari Solo, murah-meriah cantik pula bentuk dan warnanya...
  

2 comments: